Area hijau dalam bentuk taman kota merupakan salah satu fasilitas umum yang wajib disediakan pemerintah kota/kabupaten. Gunanya sebagai tempat warga melakukan berbagai macam kegiatan sosial.

Berolahraga, kegiatan dari suatu komunitas atau organisasi, kulineran, sampai mencari spot untuk foto pre-wedding, semua bisa dilakukan di taman kota. Tapi apa jadinya kalau kawasan hijau dari sebuah kota yang penuh polusi itu, sarana di dalamnya tidak dijaga dengan baik oleh warga yang memanfaatkannya?

Foto-foto ketidakindahan (unaesthetic) di bawah ini pasti sudah jamak kalian lihat dalam keseharian. Lokasinya di Taman Kota 2 BSD, Tangerang Selatan. Tapi saya yakin pemandangan buruk ini pasti terjadi di mana pun selama itu ada di Indonesia. Cekidot…

 

  1. Corat-coret

Perkiraan saya yang melakukan perilaku vandal ini biasanya pelajar, setingkat SD, SMP dan SMA. Kenapa para pelajar itu melakukannya? Apakah di sekolah mereka kekurangan ruang berekspresi? Apa saja sih yang diajarkan guru-guru mereka?

vandalisme-fasum-01
Yang nyoret ini anak STM Sasmita Jaya, lho. Hayooo gurunya tanggung jawab donk.
vandalisme-fasum-02
Narsis banget nih si EDO, kenapa nggak tempel foto selfie-nya sekalian?
vandalisme-fasum-05
Biarpun tulisannya toilet pria, tapi nggak ada toilet di sebelah sana. Orang kurang kerjaan banget deh yang milok tembok ini.

vandalisme-fasum-03

vandalisme-fasum-04

 

  1. Buang Sampah Sembarangan

Di mindset orang Indonesia, kan sudah ada tukang sapu yang dibayar pemerintah buat membersihkan sampah, kalo kita nggak buang sampah sembarangan mereka nggak ada kerjaannya donk?

Kalau masih ada orang yang mikir begitu, kalian harus tau para penyapu jalan itu gajinya gak seberapa lho, apa salahnya kita membantu pekerjaan mereka, sambil ikut menjaga kebersihan lingkungan. Buat yang pernah lulus SD pasti paham bahwa “kebersihan itu sebagian dari iman”.

Kalau kamu nggak punya iman, ah ya sudahlah…

vandalisme-fasum-07 vandalisme-fasum-06

vandalisme-fasum-08 vandalisme-fasum-09

 

  1. Bakar Sampah

Duh ini lagi nih. Saya paling benci liat apa-apa yang di bakar. Niat mau lari pagi sambil menghirup udara segar, tapi ada yang lagi bakar sampah. FAKKKK banget…!!!

Ternyata pelakunya, adalah si ibu-ibu penyapu taman kota. Hadeuhhh. Dinas kebersihan ke mana aja nih, nggak sempet mampir taman kota yah?

vandalisme-fasum-10

 

  1. Perbaikan Fasilitas yang Lambat

Jangankan taman kota rusak, wong jalanan rusak aja kita sebagai warga yang taat pajak harus menunggu setengah tahun sampe bisa ngerasain jalanan mulus lagi. Hadeuhhh…

vandalisme-fasum-12
Pegangan jembatan sudah keropos, agak bahaya kalau dipegang.
vandalisme-fasum-13
Jalur trek di beberapa titik sudah rusak, sedikit mengganggu buat kegiatan lari pagi.

 

 

Walau tidak sempurna, taman kota BSD ini tetap indah kok.

vandalisme-fasum-14
Walau sudah mengalami sedimentasi yang parah (airnya berwarna susu coklat), tapi pemandangan aliran anak sungai Cisadane ini tetap adem.
Jembatan merah yang pegangannya sudah keropos tadi, dilihat dari jau cakep juga.
Jembatan merah yang pegangannya sudah keropos tadi, dilihat dari jau cakep juga.
Asik buat eco-date (ini istilah cuma gue doank yang pake hehehe).
Asik buat eco-date (ini istilah cuma gue doank yang pake hehehe).
Ada tukang jajan. Habis bakar kalori jangan lupa dimasukin kalori lagi LOL.
Ada tukang jajan. Habis bakar kalori jangan lupa dimasukin kalori lagi LOL.
Lapangan parkirnya luas banget.
Lapangan parkirnya luas banget.
Lapangan rumputnya luas, bisa buat macam-macam kegiatan.
Lapangan rumputnya luas, bisa buat macam-macam kegiatan.