1. Aqua

aqua-istimewa

Brand air minum dalam kemasan (AMDK) ini lahir atas ide Tirto Utomo (1930-1994). Tirto Utomo adalah orang Asia pertama yang dinobatkan sebagai tokoh pencetus dan penggerak industri AMDK di kawasan Asia dan Timur Tengah. Sejak 1987 Aqua telah merajai Singapura, Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah dan Afrika.

2. Equil

equil

Equil adalah air minum kemasan mewah yang produksi PT. Equilindo Lestari dari sumber mata air di Sukabumi, Jawa barat. Equil sering terlihat pada rapat-rapat kalangan atas di Indonesia, seperti pada rapat kabinet atau DPR, hingga di hotel-hotel berbintang. Desain botolnya yang ekslusif dan kualitas air yang memenuhi standar kualifikasi Internasional, menjadikan Equil minuman kelas internasional yang telah merambah pasar dunia, seperti Singapura, Australia, Hongkong, Arab Saudi dan Italia.

3. Sour Sally

soursally-smeindonesia-org

Outlet yogurt beku tanpa lemak revolusiner pertama di Indonesia, yang didirikan oleh PT. Berjaya Sally Ceria pada tahun 2008. Saat ini cabang Sour Sally tersebar di beberapa kota di Indonesia, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali. Brand ini juga ada di mancanegara, yakni di Kuala Lumpur, Malaysia dan Singapura.

4. Mustika Ratu

mustika-ratu

Produk-produk Mustika Ratu cukup luas, mulai dari aneka ragam kosmetik, hingga minyak telon dan Slimming Tea. Kontribusi ekspornya mencapai 30% dari total penjualan produk di dalam negeri. Pasar ekspor Mustika Ratu sudah sampai ke Malaysia (pasar terbesar), Brunei Darussalam, Arab Saudi, Timur Tengah, Hong Kong, hingga Afrika.

5. Paseo

paseo

Paseo merupakan merek tisu berkualitas premium yang diproduksi PT. Pindo Deli Pulp & Paper sejak 1998. Produk Paseo meliputi tisu gulungan toilet, tisu wajah, tisu serbet, handuk dapur dan banyak lagi.

Paseo dibuat dari 100% virgin pulp tanpa menggunakan Optical Brightening Agent (OBA) apapun, membuat brand lokal ini mempunyai reputasi yang baik di pasar dunia. Ekspor tisu Paseo hingga ke 65 negara di dunia, dengan pasar terbesarnya ke Singapura, Filipina, Australia dan Belgia.

6. Paperline Gold

paperline-gold

Brand Paperline Gold adalah kertas multifungsi produksi PT. Pabrik Kertas Tjiwi Kimia yang biasa digunakan untuk fotokopi. Kertas ini memiliki tingkat keputihan paling tinggi yaitu 172 CIE, dan ketebalan cukup sehingga sehingga ink consumtion tidak berlebihan.

Paperline Gold telah mendapatkan sertifikasi nasional SNI pada tahun 2011, dan internasional dari ISO 14001. Kertas Paperline Gold telah didistribusikan ke luar negeri, yakni Australia, Amerika, Eropa, dan Afrika.

7. Quran Paper (QPP)

Kertas halal untuk Al-Quran. Credit: tempo.co
Kertas halal untuk Al-Quran. Credit: tempo.co

Quran Paper adalah kertas halal yang diproduksi oleh Asia Pulp & Paper (APP) dengan merek dagang Sinartech. Produk ini 90% diserap pasar internasional terutama negara-negara Timur Tengah yang jadi pusat percetakan Al-Quran bagi seluruh dunia, antara lain Mesir, Turki, Suriah, Lebanon.

QPP memperoleh sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), karena diproses dengan mengedepankan kehalalan baik dari bahan baku, proses produksi, penyimpanan, hingga distribusinya.

8. Ateja

ateja_plants

Ateja telah memproduksi kain premium berstandar internasional untuk domestik, kontrak, transportasi, dan industri yang telah diekspor ke lebih dari 55 negara di seluruh dunia, dengan pasar terbesarnya di Singapura, Malaysia dan China.

Ateja merupakan satu-satunya merek dari Asia yang dipilih Honda (perusahaan Jepang) sebagai pemasok kain jok interior untuk produk Honda Civic yang dipasarkan di Eropa dan Honda Accord di AS.

Desain produk Ateja berhasil mencapai predikat “Best of the Best” dalam Decosit Fair 2007 yang berlangsung di Brussel, Belgia, 7-11 September 2007.

9. Olympic

olympic-logo

Terinspirasi dari pesta olahraga sedunia, Olimpiade, saat masyarakat demam olimpiade pada 1984. Produk Olympic spesialisasinya adalah mebel (furniture) knock down, dengan desain simpel, dan harga minimalis.

Beberapa varian produknya yaitu Albatros, Procella Olympia dan Audio Pro, mampu meraih penghargaan “28th International Award” untuk kategori the Best Trade Name (2004). Kini Olympic memiliki 50 cabang di seluruh Indonesia dan distribusi ekspornya hampir melingkupi 100 negara.

10. Maspion

maspion

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan slogan “Cintailah produk-produk Indonesia” yang sering muncul di iklan televisi lokal? Produk elektronik untuk keperluan rumah tangga ini berasis di Surabaya yang berdiri sejak tahun 1960-an. Produk besutan Maspion yang paling populer meliputi blender, kipas angin, AC, setrika listrik, rice cooker/magic com, panci, wajan, dan masih banyak lagi. Pasar terbesar ekspor produk Maspion adalah Amerika Serikat dan Eropa, dan negara di Timur Tengah terutama Arab Saudi dan Yaman. Saat ini produsen peralatan rumah tangga dari negara China menjadi kompetitor terberat Maspion dalam merebut pasar ekspor.